Bappeda Kabupaten Seruyan menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupatan Seruyan Tahun 2017

Seruyan- Dalam rangka pelaksanaan amanat Undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Pemerintah Daerah diwajibkan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Setiap proses penyusunan dokumen Perencanaan Pembangunan tersebut memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan, melalui Forum Koordinasi Perencanaan Pembangunan yaitu Musrenbang.

Musrenbang berfungsi sebagai forum untuk menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan tentang rancangan RKPD, yang menitikberatkan pada pembahasan untuk sinkronisasi rencana kegiatan antar perangkat daerah dan pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas Bappeda Kabupaten Seruyan menyelenggarakan Musrenbang Kabupaten Seruyan Tahun 2017 pada Hari Senin 13 Maret 2017 bertempat di Aula Lantai II Bappeda Kabupaten Seruyan dimulai pada pukul 08.00 s.d. selesai.

Pembukaan Musrenbang dilakukan oleh Bapak Bupati Seruyan H. Sudarsono, SH., dalam acara pembukaan ini di hadiri oleh Perwakilan FKPD Kabupaten, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Drs.Haryono, MM.

Yang Hadir sebagai Undangan peserta Musrenbang antara lain Para Kepala Dinas/ Badan/kantor Unit satuan Kerja Lingkup Pemerintah Kabupaten Seruyan, Asisten dan staf Ahli Bupati, Para Camat se-Kabupaten Seruyan, Dewan Riset Daerah, Unsur dari Prguruan Tinggi, perbankan juga Tokoh Masyarakat, LSM/Ormas, Asosiasi dan Profesi.

Musrenbang Kabupaten ini mempunyai tujuan antara lain:

1.   Menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi, serta usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan

2.   Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah kabupaten pada saat musrenbang kecamatan, Forum konsultasi publik dan forum gabungan SKPD Kabupaten Seruyan

3.   Mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan priorotas daerah Kabupaten Seruyan

4.   Menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah kabupaten seruyan.

Sedangkan Keluaran(outcome) dari pelaksanaan Musrenbang pada hari ini ialah Daftar program dan Kegiatan prioritas pembangunan Kabupaten Seruyan Tahun Anggaran 2018 yang telah disepakati untuk diajukan untuk Musrenbang Provinsi yang sudah dipilih menurut sumber pendanaan dari APBD Kabupaten, Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

 

 

 

Statistik Pengunjung

285140
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total
150
836
986
278553
18245
26882
285140
IP: 54.80.58.75
2017-04-24 04:34